Sunday, March 15, 2015

Pengertian dan Proses Komunikasi




Pengertian Komunikasi :
        Asal kata komunikasi berasal darikata kerja bahasa latin “Kommunicare”, yang berarti menyebarkan atau memberitahukan.
        Jadi menurut asal katanya komunikasi berarti menyebarkan atau memberitahukan informasi kepada pihak lain guna mendapatkan pengertian yang sama tentang sesuatu hal.
        Wexley and Yukl berpendapat : komunikasi dapat diberikan difinisi sebagai pengiriman informasi antara dua orang atau lebih.
        Sedang Mc Farland memberikan difinisi , sebagai interaksi atau proses hubungan saling pengertian antar manusia.
        Elliot Jaques berpendapat, komunikasi adalah penyampaian berbagai macam perasaan, sikap dan kehendak baik secara langsung maupun tidak langsung , baik secara sadar maupun tidak sadar.
Unsur-Unsur Komunikasi
Charles E Redfield, mengatakan bahwa unsur unsur komunikasi ada lima yaitu :
        Komunikator , yaitu pemberi berita
        Menyampaikan berita, dalam hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim, atau menyiarkan.
       Berita yang disampaikan, dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran.
        Kommunikan, yaitu orang yang dituju atau sipenerima berita.
        Tanggapan atau reaksi, dalam bentuk jawaban atau reaksi oleh sipenerima berita.

Tahap Proses Komunikasi
  1. Tahan penciptaan gagasan, dilakukan oleh pihak pengirim (Komunikator)
  2. Tahan penyusunan gagasan dalam bentuk simbul atau tanda tanda untuk komunikasi
  3.  Tahap pengiriman , gagasan yang telah disusun disampaikan melalui saluran atau media komunikasi yang telah disediakan oleh organisasi bersangkutan.
  4.  Tahan penerimaan, informasi yang dikirim komunikator melalui media komunikasi diterima oleh pihak penerima informasi (komunkan).
  5.  Tahap menginterprestasikan (mengartikan) pesan yang diterima, tahap ini dilakukan oleh penerima pesan informasi Tahap pemberian tanggapan , ini merupakan tahap terakhir dari serangkaian proses tahapan komunikasi, tanggapan yang diterima oleh penerima pesan sering disebut respon, umpan balik, atau dalam bahasa asing feedback. Respon ada beberapa macam yaitu :
        Respon langsung, respon yang langsung diberikan oleh penerima tidak menunggu waktu
        Respon tidak langsung, respon yang memerlukan jangka waktu
       Respon yang kurang dimengerti
        Respon yang dapat dimengerti
       Respon yang bersifat netral
        Respon yang bersifat negatif.
Media Komunikasi Organisasi
1. Dari segi Sifatnya
– Komunikasi lisan
– Komunikasi tertulis
– Komunikasi verbal
– Komunikasi non verbal
2. Menurut arahnya
– Komunikasi keatas
– Komonikasi kebawah
– Komunikasi diagonal keatas
– Komunikasi diagonal kebawah
– Komunikasi horisontal
– Komunikasi satu arah
– Komunikasi dua arah
3. Menurut lawannya
– Komunikasi satu lawan satu
– Komunikasi satu lawan banyak
– Kelompok lawan satu
– Kelompok lawan kelompok
4. Menurut keresmiannya
– Komunikasi formal
– Komunikasi informal
JARINGAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Ada empat jaringan komunikasi :
1. Jaringan Lingkaran,
2. Jaringan Model rantai
3. Jaringan Model Bintang
4. Jaringan Model Y

No comments:

Post a Comment