Pengertian
Komunikasi :
• Asal kata komunikasi berasal darikata kerja
bahasa latin “Kommunicare”,
yang berarti menyebarkan atau memberitahukan.
• Jadi menurut asal katanya komunikasi berarti
menyebarkan atau memberitahukan informasi kepada pihak lain guna mendapatkan
pengertian yang sama tentang sesuatu hal.
• Wexley and Yukl berpendapat : komunikasi dapat
diberikan difinisi sebagai pengiriman informasi antara dua orang atau lebih.
• Sedang Mc Farland memberikan difinisi ,
sebagai interaksi atau proses hubungan saling pengertian antar manusia.
•
Elliot
Jaques berpendapat, komunikasi adalah penyampaian berbagai macam perasaan,
sikap dan kehendak baik secara langsung maupun tidak langsung , baik secara
sadar maupun tidak sadar.
Unsur-Unsur
Komunikasi
Charles E
Redfield, mengatakan bahwa unsur unsur komunikasi ada lima yaitu :
• Komunikator , yaitu pemberi berita
• Menyampaikan berita, dalam hal
ini dapat dilakukan
dengan cara mengatakan, mengirim, atau menyiarkan.
• Berita yang
disampaikan, dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran.
• Kommunikan, yaitu orang yang dituju atau
sipenerima berita.
• Tanggapan atau reaksi, dalam bentuk jawaban atau reaksi oleh sipenerima berita.
Tahap Proses
Komunikasi
- Tahan penciptaan gagasan, dilakukan oleh pihak pengirim (Komunikator)
- Tahan penyusunan gagasan dalam bentuk simbul atau tanda tanda untuk komunikasi
- Tahap pengiriman , gagasan yang telah disusun disampaikan melalui saluran atau media komunikasi yang telah disediakan oleh organisasi bersangkutan.
- Tahan penerimaan, informasi yang dikirim komunikator melalui media komunikasi diterima oleh pihak penerima informasi (komunkan).
- Tahap menginterprestasikan (mengartikan) pesan yang diterima, tahap ini dilakukan oleh penerima pesan informasi Tahap pemberian tanggapan , ini merupakan tahap terakhir dari serangkaian proses tahapan komunikasi, tanggapan yang diterima oleh penerima pesan sering disebut respon, umpan balik, atau dalam bahasa asing feedback. Respon ada beberapa macam yaitu :
• Respon langsung, respon yang
langsung diberikan oleh penerima tidak menunggu waktu
• Respon tidak langsung, respon
yang memerlukan jangka waktu
• Respon yang kurang
dimengerti
• Respon yang dapat dimengerti
• Respon yang bersifat
netral
• Respon yang bersifat negatif.
Media Komunikasi
Organisasi
1. Dari segi
Sifatnya
– Komunikasi
lisan
– Komunikasi
tertulis
– Komunikasi
verbal
– Komunikasi non
verbal
2. Menurut
arahnya
– Komunikasi
keatas
– Komonikasi
kebawah
– Komunikasi
diagonal keatas
– Komunikasi
diagonal kebawah
– Komunikasi
horisontal
– Komunikasi satu
arah
– Komunikasi dua
arah
3. Menurut
lawannya
– Komunikasi satu
lawan satu
– Komunikasi satu
lawan banyak
– Kelompok lawan
satu
– Kelompok lawan
kelompok
4. Menurut
keresmiannya
– Komunikasi
formal
– Komunikasi
informal
JARINGAN
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Ada empat
jaringan komunikasi :
1. Jaringan Lingkaran,
2. Jaringan Model
rantai
3. Jaringan Model
Bintang
4. Jaringan Model
Y
No comments:
Post a Comment